Sunday, 2 November 2008

Buto terong ...

Kelingan Nogiri, jadi kelingan wayank.
Ini terjadi hanya dan hanya saat saya belum sekolah SMP. Tepatnya ketika masih di SD. Wayank digelar semalaman suntuk. Sing menarik selainnya wayank, sabetan dhalang, gamelan ... biasa akeh jajan sing oleh dimaem. Salah satu tokoh wayank yang menarik [punya daya penarik tinggi] adalah buto terong.
Ini profilnya:

Buto berarti raksasa, dan terong adalah buah tanaman terung. Disebut Buto Terong karena hidungnya yang seperti terong. Raksasa ini dikenal orang, sebagai raksasa perusak keamanan, sebenarnya ia merusak bukan karena kebuasannya, melainkan karena ia kuat makan dan tidak pernah merasa puas dengan makanannya. Hakikatnya orang yang tamak, tak ada rasa puasnya. Suara raksasa ini sengau (bindeng). Buta Terong bermata juling, hidung bentuk buah terung. Bergigi dan bertaring, bahu tinggi sebelah. Rambut terhias, bersunting sekar kluwih dengan terhias pula. Berkalung ulur-ulur lebih nyata. Bergelang, berkeris gayaman. Kain rapekan. Raksasa ini juga digunakan untuk mengingat tahun pembuatannya dengan kata: buta lima mangsa janma = 1655.

Buat teman-teman yang suka makan terong, itu karena sejatinya memang kita ini masih keturunan Raden Mas Buto Terong.

6 comments:

Beno said...

Nyindir, nyindir.
Buta terong apa buta sarung(an)?
Dhek isih cilik emben, wayang paporidku adalah buta cakil.
Wis, wayang kuwi persis kaya wakil presiden sakiki (pethakilan, kakehan cang .... em !).
Lha presidene persis limbuk. Geduwal-geduwel ora nggenah babar blas. Eneg lan mboseni pokoke.

Susilo said...

ning buta cakil rak ora tau mati, wengi iki ngglethak ganti dhalang wis urip maning. ketoke pancen kudu ajeg ana buta cakile kok ben, mewakili aspirasi dunia nyata, ana sing pethakilan, kakehan cangkir lan sakpiturute. yen kabeh kaya janoko kakehan wedo.....an , wuaah lha aku kebagian apa...?.

mujtahid said...

Bicara tentang wayang, aku, bambang, ipung, imah, dyah dll dulu punya guru sd yang merangkap jadi dalang. Jadi kalau hari Sabtu acarane didongengke wayang. Cuma yang jadi topik cerita adalah yang romantis2 kaya Rama Sinta, Dewi Anjani sing ketetesan ... e Dewa terus dadi bayi (yo mestine ora ketetesan tajin to), dll. Makane lulusan sd3 dadi do romantis2 he he ... contone : Danang eh keliru yo contone. Buto terong, cakil, togog dll hanya didongengke sekilas

Beno said...

Betul, Mas Susilo. Seperti dunia wayang, dunia nyata memang sebaiknya beraneka ragam isinya. Kalau seragam, ya mboseni.
Mas Tahid, aku tahu guru panjenengan yang dalang tuh Pak Geger kan ? Apa masih sugeng dan suka ndalang ya sekarang ?

Susilo said...

kabar tentang pak geger, meski aku bukan cah sd3 ning wong aku isih rada mambu-mambu karo beliaunya, beliau masih fit isih badminton, yen wengi isih sok thongkrongan neng warung hik (sorry, wong beliau kok thongkrongan ya) bareng aku je. mbang, yen neng mbali aku mampir nggonmu apa arep diinepke hotel ya?. Yen bali wae dioleh-olehi leak aku ya gelem.

mujtahid said...

Jebule do kenal pak Geger to? Woh dia guru yang betul2 hebat. Sampean kenal lewat mana Ben? Sus kalau ketemu beliau titip salam yo. Dulu putrinya ada yang jadi pemain ganda campuran nasional lo (Sri Untari) dah melanglang buana kemana-mana walaupun ga menonjol banget, eranya Susi Susanti... bukti kalau semangat Wonogiren itu sebetulnya bisa menaklukkan dunia. Dengar2 sih akhirnya jadi istrinya Trikus Haryanto. Bener ya Sus.
Mudik kemarin rencana sowan tapi waktunya habis, lagian bambang ngga mudik jadi ra ana barengane.