Thursday, 8 January 2009

Hindari Flu dengan Rajin Cuci Tangan


Beberapa hari ini udara terasa dingin tidak seperti hari – hari sebelumnya, dan hari kemarin mulai dari Karanganyar – Sukoharjo – Wonogiri hujan merata mulai sktr jam 15.20 WIB sampai sktr jam 19.00 WIB menyebabkan di beberapa tempat ruas jalan Wonogiri – Solo tergenang air. Tadi pagi waktu aku berangkat kerja di sebelah selatan pertigaan Songgorunggi (Kepuh) masih sedikit tergenang air.

Dalam situasi yang seperti ini ada baiknya kita perlu waspada terhadap beberapa penyakit yang sering menyertai, seperti flu, masuk angin dan sebagainya (nek kebacut flu utowo masuk angin ya beli ORANGIN produknya Air Mancur he…3).

Namun daripada sakit menyerang ada baiknya bila kita melakukan tindakan – tindakan preventif, tidak salah memang jika para ibu selalu meminta agar selalu membersihkan tangan, makan sayuran, buah dan tidur dengan teratur. Menurut sejumlah dokter dan ahli nutrisi kebiasaan baik itu bisa menghindarkan seseorang dari penyakit flu. Menurut Dr R Michael Gallagher, kebiasaan itu setidaknya bisa menjadi hal yang terbaik untuk kesehatan seseorang.

Ia menjelaskan bahwa kebiasaan untuk hidup sehat, diet yang seimbang serta istirahat yang cukup merupakan sebuah hal yang mampu menjaga kesehatan seseorang untuk terkena flu.

"Menjaga kebiasaan sehat mungkin akan menjadi hal yang terbaik bagi anda sendiri," tegas ahli fisik dari University of Medicine and Dentistry of New Jersey's School of Osteopathic Medicine ini. Dr Gallagher juga memperkirakan bahwa orang yang bekerja terlalu keras dan kurang melakukan keseimbangan nutrisi merupakan mereka yang akan terkena lebih besar terkena flu.

Selain tidur cukup (7-8 jam sehari), menjaga stress merupakan sesuatu yang penting juga diperhatikan. "Karena terlalu banyak stress bisa merusak sistem kekebalan tubuh," jelasnya. "Apa yang dilakukan dalam kebiasaan sehat itu merupakan upaya untuk memutus transmisi flu dan kebiasan itu biasanya telah disampaikan oleh ibu kita sejak kecil," tambah Dr. Mitchell Cohen.

Ahli dari the federal Centers for Disease Control and Prevention (CDC) ini menambahkan bahwa mengurangi sentuhan tangan ke mata, hidung atau mulut juga bisa menjadi sesuatu yang penting untuk terhindar dari flu. Karena jika tangan tidak bersih sentuhan itu bisa membawa infeksi yang tidak lain adalah flu. Sebuah virus bisa bertahan hidup selama lima jam sejak ia menjangkiti dari sentuhan.

Dr Ron Davis dari American Medical Association merasa yakin sanitasi yang baik merupakan sesuatu yang bisa menjadi alternatif jika sabun dan air kurang tersedia. Untuk menjaga kekebalan tubuh, seseorang sebaiknya mengkonsumsi ikan yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E, susu dan buah-buahan.

Para dokter dan ahli nutrisi berharap pesan yang mereka sampaikan setidaknya bisa membuat orang berhati-hati karena kebanyakan orang sering mengabaikan setidaknya untuk mencuci tangan.

5 comments:

Nasih said...

cuci tangan memang baik untuk sebagai pencegahan dari segala penyakit ....
namun jangan lupa pula cuci kaki kalau mau bobok, dan cuci mulut setelah makan.

Beno said...

Lebih baik lagi cuci kepala (keramas) dan cuci semua, lalu cuci hati ......

Beno said...

Mas Anto, bikin daftar produk Air Mancur dong. Siapa tahu kita butuh suatu saat. Itu kan salah satu ikon Nogiri meski sekarang basis produksinya pindah ke Solo/Karanganyar.

A N T O said...

He...3 iya Mas Beno Insya Allah cb nanti saya carikan, atau buka saja web sitenya www.airmancur.co.id. Btw basis produksi tidak pindah ke palur, di wonogiri juga masih eksis hanya sekarang memang di bagi2 jenis produksi untuk masing-masing lokasi. Yang klampisan itu untuk semua produk yang diekstrak dan param kocok. Sedangkan yang di Pelem itu untuk produk cair : madurasa & orangin. Palur disamping sebagai ktr pusat juga untuk produk serbuk, obat luar (param tablet) bgt seterusnya...

Beno said...

Terima kasih, Mas. Anda sudah layak jadi presdir-nya, terutama karena wong Nogiri aseli huahahahahahahahahaha ..........