Saturday, 10 January 2009

Waktu dan Sukses, Apa Hubungannya ?

PENGELOLAAN waktu berkorelasi dengan kesuksesan. Orang-orang yang bisa atau pintar mengatur dan mengelola waktu, biasanya sukses baik dalam bisnis, pekerjaan, maupun bidang-bidang lain.
Ada beberapa tips bagaimana mengelola waktu (Dave Kahle; Book Inspiration, Women Lifestyle) agar membuahkan kesuksesan.
@ Mengatur jadwal sebaik-baiknya, kapan bekerja, istirahat, hang out, suka-suka gue, dsb.
@ Bekerja atau melakukan sesuatu secara tenang dan fokus, maksudnya tidak buru-buru dan konsentrasi penuh.
@ Menyediakan waktu ekstra minimal 30 menit dalam bekerja atau beraktivitas, maksudnya bekerja atau berupaya lebih.
@ Menyisihkan waktu agar tetap dalam kondisi bugar, segar, dan sehat baik pikiran maupun tubuh sehingga ketika bekerja atau beraktivitas tetap prima dan fit. Misalnya berolahraga, rekreasi, dan kegiatan santai; outbound sesekali juga sangat dianjurkan.
@ Meluangkan waktu minimal 30 menit tiap hari untuk meningkatkan diri di rumah; contohnya belajar, membaca buku, membuka-buka blog alumni 81, diskusi dengan pacar atau tetangga, dll dll.
@ Menulis minimal 5 ide yang berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan yang tengah dilakukan. Tujuannya adalah agar selalu muncul kreativitas dan terobosan, tidak mandek atau terjebak dalam rutinitas.
@ Membuat analisis diri dan prestasi yang telah dicapai secara periodik, misalnya sebulan sekali. Ini dimaksudkan untuk menentukan arah dan gol-gol ke depan.
Jadi, tunggu apa lagi, ayo belajar menerapkan manajemen atau pengelolaan waktu yang baik dan benar. Ciaoooooooo .........

2 comments:

Nasih said...

Sukses itu menghabiskan waktu! dan bukan kehabisan waktu.

Beno said...

Belum tentu menghabiskan waktu, wong kadang-kadang sukses karena kesandung alias nggak nyangka atau tanpa usaha. Banyak contohnya ......