Tuesday, 10 February 2009

Pujian, Mengandung Sejuta Makna

Memuji orang adalah perbuatan sepele yang memberikan banyak makna. Mereka yang hebat dan luar biasa sukses, biasanya sangat pandai memuji orang lain. Memuji sering dilakukan para pembicara, politikus, pengusaha, atau mereka berkecimpung dalam organisasi.
Ada sebuah ekspresi yang menarik. Kalau Anda bertemu dengan Ronald Reagan, Anda akan ketemu dengan orang yang sangat dinamis dan Anda akan termotivasi olehnya. Kalau Anda bertemu dengan Presiden Amerika yang lain, maka Anda akan merasa banyak belajar dari mereka.
Tetapi kalau Anda bertemu dengan Bill Clinton, konon katanya Anda akan merasa Andalah orang yang paling pintar bahkan lebih pintar dari dia.
Hal ini tentu saja sangat menarik. Bahwa Clinton adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan sangat baik dan mampu membuat orang lain lebih pintar dari dia.
Dengan memuji, kita bisa membuat orang lebih senang, bangga hati dan lebih senang bekerja keras untuk Anda.
Memuji adalah sebuah seni yang perlu kita pelajari, tetapi sering dilupakan karena tidak pernah diajarkan di sekolah. Umumnya kita belajar ketrampilan ini secara natural.
Orang yang sukses umumnya memiliki kebiasaan memuji yang baik. Dia selalu mampu membuat orang lain mempunyai semangat lebih dalam melayani dia.
Memuji mempunyai dua elemen penting yang harus Anda perhatikan. Elemen pertama adalah cara memuji yang benar. Jadi tidak mengarang dan mengada-ada. Kedua, memuji dengan tulus. Jadi ada kata benar dan tulus dalam pujian Anda.
Setiap orang pasti mempunyai kelebihan. Orang yang kurang pandai berpikir secara logis, mungkin memiliki kepandaian berbicara, bersahabat, menggambar atau bermain komputer. Ada saja kelebihan seseorang dibandingkan dengan orang lain. Kita akan selalu bisa melihat kalau kita memperhatikan dengan baik.
Kalau Anda bisa memuji dengan baik dan benar, maka semua orang akan senang bersahabat dengan Anda. Dari situ Anda akan mempunyai networking luas dan teman yang lebih banyak.
Pujian adalah sesuatu yang berharga, namun sering banyak orang yang tidak bisa memuji orang lain. Padahal memuji adalah sesuatu yang murah, mudah dan berguna bagi diri sendiri.
Cobalah mulai dari sekarang mempelajari cara memuji yang baik. Perlihatkan ekspresi ketulusan hati Anda dan perhatikan pula kebenaran isi pujian Anda. (bsb/rit)

8 comments:

Mincuk said...

Ayoooo.., siapa yang ingin memuji aku ? ada hadiahnya lo ! cepat... cepat...3x,

Nasih said...

biasane saudagar Semarang kae sing sregep nomor 1 gawe komentar ... koq ora muncul apa melu tawu, apa gawe tambak ya ...

Beno said...

Lagi survei, arep gawe bendungan telu .... ben Semawis tambah banjir hehehehehehe .....

Beno said...

Rasane, aku wis bolak-balik memuji Mbak siji kuwi. Gelem ah diwenehi hadiah. Tapi hadiahe opo yo ????

mujtahid said...

Hadiahe : ... DONAT!

Beno said...

Wakakakakakakak ....... donat bolong opo buntet ?

Nasih said...

Oom ... lha kowe seneng sing wis ora ono bunderane pa? dadi isine donat kae wae: kacang diremuk.

Beno said...

Ora, aku seneng donat rasa sweeke kok .......