Monday, 23 March 2009

Kasturi, Nama yang Menanti Diisi


KETIKA Mas Nasih dan teman-teman lain menggagas pembentukan alumni SMP Negeri 1 Wonogiri, tanpa sadar dalam pikiran saya keluar nama Kasturi; akronim dari Keluarga Alumni SMP Negeri Satu Wonogiri.
Nama itu seolah ''mencelat'' begitu saja, tanpa perenungan berlama-lama. Mungkin waktu itu saking bersemangatnya. Dipikir-pikir, belum ada bentuk kok sudah punya nama. Tapi tak apa kan; banyak calon bapak dan ibu yang jauh hari telah mempersiapkan nama bayinya.
Benar kata Mas Nasih, tidak ada pretensi atau target apapun dalam hal ini. Dua tahun, lima tahun, sepuluh tahun ..... tetapi pada prinsipnya lebih cepat lebih baik ! Dalam benak kami sudah banyak hal yang kira-kira bisa dilakukan melalui Kasturi.
Asal muasal kemunculan nama itu semula cuma ingat pada bunga/minyak kasturi (atau kesturi) yang berbau harum. Setelah buka-buka kamus ternyata kasturi atau kesturi juga dipakai untuk nama buah dan hewan, yakni jeruk kasturi (Citrus microcarpa) dan burung beo atau kakaktua.
Nah, nama sudah ada, sekarang tinggal menanti diisi, apa sajalah. Dari mimpi, rencana-rencana, syukur pertemuan (virtual atau nyata), obrolan, ........ hingga pembentukan sosoknya !!

16 comments:

Nasih said...

Salah satu kebahagiaan berumah tangga tentu saat-saat menanti kelahiran ...

Beno said...

Tentu, setelah kelahiran akan semangkin banyak momen-momen yang lebih membahagiakan. Bukan begitu ?

Nasih said...

Setelah anak lahir, bisa makan, bermain ... memang akan muncul banyak kerepotan.
Tugas orang tua untuk merawat bahkan melayani.
Setelah mereka beranjak remaja dan dewasa ... orang tua kembali lega.
Sebuah keniscayaan hidup sudah terlaksana.

Beno said...

Koyo-koyo wis nduwe anak gedhe-gedhe wae ......

Nasih said...

coba takon pengamalane mbak Mincuk, mbak Rina, mbak Nunik dll ...

Susilo said...

anak saya gedhe saya tambah pikirane...nggak pernah berhenti berproses belajar menjadi orang tua...itu juga bentuk keniscayaan hidup

Beno said...

Takon Mas Susilo wae sing seneng ngurusi cah gerang-gerang, termasuk aku hahahahahahahaha .....

Nasih said...

aja rame-rame ya aku gaweane nyekel m***siswi ?

Susilo said...

iya sih,cekelanmu rak luwih gedhi, merga wis maha.ha.ha...

Beno said...

Lah, mung nyekel thok, rame-rame maneh ..... opo untunge ??!!
Eh, putrane Mbak Nunik sing mbarep ojo-ojo yo wis kuliah ......
Wah, konco-konco putri jan maju temenan dibandhing awak-awak arek lanang.

Nasih said...

Bener banget, yen golongane mbak-mbak maju terus ya.
Beda karo awake dhewe kakehan maju mundur ....

Susilo said...

yen aku mung nrima ing pandum, didumi maju ya maju, didumi bagean mundur ya mundur, sing baku pada penake...

Beno said...

Maju-mundur, munggah-mudhun ..... lho wong nggraji tah iku ?

Nasih said...

moga-moga ada bintang kejora ikut meramaikan blog ini ....

Beno said...

Nunggu lintang tumibo, nunggu Godot tumeko ......

Nasih said...

Mas Beno tulung ya digolekke no hape-ne Budi Setyarti, jare ngasta ana Semarang guru Fisika (?)