Saturday, 7 March 2009

Mas Sunar, Sepanjang Kenanganku

TEMAN satu ini termasuk mengesankan aku. Orang Wuryantoro yang pendiam tetapi menyimpan banyak talenta. Di kelas 1A ia menjadi murid kesayangan Pak Yamto, guru IPS dan Pak Mulyono Wasto, guru menggambar dan matematika.
Aku ingat betul, Mas Sunar sangat rapi jali baik berpakaian maupun berperilaku. Ia jagoan memahat dan menyungging (bukan menungging hehehehehehe ...), serta tangkas menjawab pertanyaan Pak Yamto, persis di buku. Hebat, hebat.
Teman akrabnya saat duduk di kelas 1A adalah Mas Petrus Santoso alias Mas Kisut. Aku lupa, apakah ia menamatkan SMP-nya di SMP 1 Wonogiri atau pindah ke Medan ketika menginjak bangku kelas 3.
Kalau tidak salah, aku pernah membuat cerita pendek terkait dengan kepindahannya itu. Sayang, karyaku itu kini hilang entah di mana. Aku memang ceroboh, karya-karya monumentalku tak terdokumentasi secara baik.
Salam, Mas Sunar, kini tali pertemanan kita telah tersambung lagi. Salam juga untuk istri tercinta dan putra-putrinya. Kalau ke Nogiri, kabar-kabar ya .......

22 comments:

Nasih said...

Mas Sunar senenge ngguya-ngguyu, ora pernah nesu, tur rada kemayu (?) ...

Beno said...

Rodo kemayu ojo disebut-sebut to. Buktine putrane wis loro kan ... Sing penting, begitu mbukak blog ini langsung posting. Wah jos tenan, perlu ditiru liyane.

Nasih said...

Mas Sunar aja nesu yo ... posting wae sing saru-saru, kabeh dibuka-i wae ha ha ha

Beno said...

Tuh, Mas Kenang langsung nge-link ke Mas Sunar.

Ir.Sunar Priyono said...

HA,,,HAHAAA,,,iya emang dulu klewat lembut makanya diganguin sigit sama
yanto terus,tapi asli jantan lhooo.
sing jelas aku saiki wis wani bantingan karo mas Nasih,,,,aku lebih
kekar dan berotot....??mau coba!!
guyonan wae mas!

Nasih said...

isih seneng bantingan po ... yo oleh wae. ning enget usia wis >>> 40 aja ngoyo. malah otote kram. cukup 1 minggu 1 kali (apa iki ?)

Ir.Sunar Priyono said...

Pantes mas Nasih,,aku biyen di kejar kejar sigit ono buri laboratorium
arep di plotrokke kathokku.Yen Yanto
musuhe MAs Beno seneng nyobeli pipiku
tembem.Untunge Mas nasih gak melu-melu,,dadine jauh dari sumber bahaya!!!
Lali kalau umurku wis 40an Mas,tak kiro isih 25an.yen,ketemu damai-damai aja mangan bareng silo,sedakep ga usah bantingan!!

Nasih said...

ayo diupload gambare sing gantheng kuwi ... dhisik kuliah ana teknik mesin ? wah macho ...

Ir.Sunar Priyono said...

mengko wae tak scan sekaliyan wajah
smp aku lan sing saiki.Iyo mas awale
ekonomi USU tekan 4 semester,terus
nyambi kerja bidang tehnis keteteran.
Ahkiri kuliah meneh tehnis mesin dari
awal,,,,,dadine kerjaku bisnis perpaduan managemen dan tehnik.mlayune menyang Kompresor gas,Boiler lan konco-koncone.Tapi bidang pendidikan asyik yo mas,,akeh paahalanya dunia akirat,,ga kena KPK.
oh,,iyo,,Mas Tauhid wis lali opo karo aku.

Beno said...

Mas Tauhid lagi sinau silat tauhid hehehehehe .....

mujtahid said...

Ga sempat ngeblog beberapa hari malah ada kajutan .. ketemu Sunar
Lali piye? Kamu termasuk salah satu teman yang kuingat sepanjang masa. Karena saya merasakan banyak sekali persamaan denganmu : kalahan, menengan, paling cocok jadi korban "bullying". E e .. ga taunya orang2 kayak kita malah minatnya sama : Teknik Mesin .. sinau boiler, turbin, pompa dan kompresor, pendingin, dll.
Malah kamu yang lupa sama jenengku : ngganti Tahid jadi Tauhid .. awas tak kon njenang abang lo.

Ir.Sunar Priyono said...

Mas MUJTAHID,,,maaf yo mas,saking senenge mriksani kaca mata tebal sampeyan sampai salah ketik nama.Ingat ga kita dulu paling urah senyum sepanjang jalan SMP Negeri 1 sampai berpisah di terminal??selalu pulang bareng sama SIDIK PERMANA???
ngendeli cewek-cewek cantik DYAH ADI,IMA , ANIK,Titik Swantari,Dyah Rahmawati.Kita memang ngalahan dan jadi pasukan suka damai.Terima kasih masih inget dan tali silaturahmi telah tersambung kembali antara bukit seribu dan bukit barisan. kapan kapan komunikasi darat.

Beno said...

Walah, ngganti jeneng maneh. Sidik Pramono dadi Sidik Permana. Mungkin Sidik yang satu ini asli Sunda.

SUNAR PRIYONO said...

Wah,,,,ternyata daya inget redaktur memang handal.Bener-bener SIDIK PERMONO,,,cirine ganteng,hitam manis
yen jalan rodo ngangkang koyo kroso
kebelet.Wis duwe utang bubur jenang
dua porsi buat mas Tahid dan Mas Sidik.Untung aku ga salah sebut nama Mas Beno jadi Benua.

Beno said...

Hehehehe, kalau saya diubah jadi apapun nggak bakalan marah. Benua, Beenou, Benoit, Bendol, Benol, Benu, Beena, .... atau apa saja oke.

mujtahid said...

Walahhh kleru terus .. Sidik Permana .. Pernomo .. sing bener PRAMONO, termasuk teman akrabku di 1D bersama Nanang Susanto.
Wooh .. la kok sing dieling2 tentang Sidik kok le mekangkang .. piye Dik, hasil mekangkangmu wis bathi pira? Dulu sempat ketemu di UGM (dia di Fisipol) .. krungu2 sekarang di Yogya.
Yang tak herani dulu kamu kok ra nyegat bus di prapatan SMP itu tapi malah jalan ke terminal ya? Mesti ada tujuan lain .. he he

SUNAR PRIYONO said...

aku seneng mlaku panas-panas tekan terminal amargo iso terus menjalin
pertemanan sama sampeyan lan temen barengan lainnya iso sambil guyonan.
Tujuane,,yo iku nengok dyah adi yen mlaku mendul-mendul,,hehheee.apane coba mas sing mendul-mendul???Rupane selerane barang impor yo Mas.

mujtahid said...

Sepanjang jalan yang penuh kenangan ..
Wuahaha .. aku ngerti sing mbok karepke tentang Dyah Adi ..
Ada teman kita sing mbeling banget .. selalu bareng Janu .. Nurhadi .. Marhadi .. apa sapa yo (ketok-e tunggak-an, omahe bongso kulon pasar) angger ketemu rombongan pelajar putri saka SMP liyo .. terus ngremes .... -e sampai do njerit2 .. mbuh kepenak mbuh anyel!
Eling ra mlaku mulih bareng YB? Foto2ne pernah diupload mbak Mincuk beberapa saat yang lalu lo, malah nelpon aku barang.

SUNAR PRIYONO said...

Opo sing Mas maksud iku Menthot wonge metehekel ireng omahe kulon paar wonogiri rodo ngidul.Wah ternyata cepet conec meski gak tak perjelas.Jangan-jangan kita waktu itu punya visi dan misi yang sama,cuma di bathin aja.maklum kita dulu khan pendiam dan memendam,,!!!

mujtahid said...

Yen Menthot aku eling .. justru mereka itu selalu bertiga : Menthot, Janu dan si ... itu, ketok-e tonggo kidul/kulon pasar. Pokok-e jenenge mengandung huruf s, m opo n gitu lo.
Wonge ketok luwih meneng .. ora koyo Janu/Menthot .. ning tandange .. langsung beraksi!
Ha ha .. tahu aja kalau waktu itu sifat kita lebih dari 50 % mungkin sama .. tanpa kata penuh makna .. he he

Beno said...

Wa wa wa ... lagi sakiki konangan hobine: mendul-mendul !

SUNAR PRIYONO said...

Iyo,,Mas Beno uwis sampai tahap mendut-mendut. MAsih diats kamilah
pengalaman waktu itu,,,,,kami masih
mikir,,mas beno udah dituangkan dalam tulisan,,di baca seluruh indonesia lagi