Saturday, 30 May 2009

Gunung Raksasa

Belakangan ini orang gempar membicarakan penemuan gunung raksasa di dasar laut. Gunung raksasa yang ditemukan di perairan barat Sumatera mungkin memecahkan rekor sebagai gunung berapi terbesar di Indonesia. Demikian menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Gunung Kerinci yang tingginya sekitar 3.800 meter dan Gunung Semeru sekitar 3.600 meter kalah dengan gunung yang baru ditemukan di perairan Bengkulu tersebut. Kalau gunung ini memang benar gunung api, maka gunung ini merupakan gunung api terbesar di Indonesia," kata Kepala PVMBG Badan Geologi, Bandung, Surono di Jakarta.

Lokasi gunung tersebut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, terletak kira-kira 330 km dari Bengkulu. Tingginya diperkirakan 4.600 meter dengan puncaknya ada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Diameternya diperkirakan sekitar 50 km.

Manakala gunung tersebut ngolet dapat dibayangkan dampaknya terutama bagi masyarakat yang tinggal di tepi pantai. Semoga saja kehadiran gunung raksasa ini menjadi barakah bagi umat manusia, khususnya di Indonesia.






2 comments:

Beno said...

Ketoke ora opo-opo, aman ! Misale meledhuk yo ora nganti ono tsunami, ayake lho ......

SUNAR PRIYONO said...

WAH,,,,opo aku mulih jowo maneh yo wedhine mengko meletus gempa besar,,,nanging yen pindah semarang utowo yogya juga akeh gempa lokal ilegal amben bengi.