Tuesday, 19 May 2009

HAPPY BIRTHDAY WONOGIRI

Hari ini Selasa 19 Mei 2009 kota Wonogiri kita tercinta genap berusia 268 tahun. Tak terasa usia Wonogiri telah lebih dari 2,5 abad lamanya dan kita sebagai generasi muda barangkali banyak yang Dora Weruh tentang sejarah Wonogiri, untuk itu ga ada jeleknya sedikit saya tulis mengenai sejarah singkatnya.
Daerah Wonogiri sebagai daerah yang strategis telah memainkan peranan yang sangat penting dalam mendukung perjuangan Raden Mas Said atau dikenal juga dengan sebutan Pangeran Samber Nyawa untuk menentang segala bentuk penindasan dan ketidak adilan para penguasa saat itu. Ketika dicarinya suatu daerah untuk dijadikan basis perjuangannya, maka satu – satunya daerah yang diperhatikan adalah NGLAROH – Selogiri - Wonogiri. Inisiatif untuk menjadikan Nglaroh - Selogiri - Wonogiri sebagai basis perjuangan Raden Mas Said adalah dari rakyat Wonogiri sendiri (WIRADIWANGSA). 
Mulai saat itulah Nglaroh menjadi daerah yang sangat penting.yang melahirkan peristiwa – peristiwa bersejarah di kemudian hari. Tepatnya pada hari Rabu Kliwon tanggal 3 Rabiul Awal (Mulud) tahun Jumakir, Windu Sengoro Angrasa Restu Ngoyag Jagad atau 1666, kalau menggunakan hitungan Masehi maka menjadi hari Rabu Kliwon 19 Mei 1741  (ning aku ojo ditakoni primbon utowo tafsir mimpi ya...), Nglaroh telah menjadi embrio kerajaan kecil yang dikuatkan dengan dibentuknya KEPALA PUNGGAWA dan PATIH sebagai perlengkapan “institusi pemerintah” suatu kerajaan walaupun masih sangat sederhana.
Jerih payah Pangeran Samber Nyawa ini berakhir dengan hasil sukses, terbukti beliau dapat menjadi ADIPATI di Mangkunegaran dengan gelar KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA (KGPAA) MANGKUNEGARA I
Peristiwa tersebut diteladani hingga sekarang karena berkat sikap dan sifat keutamaan perjuangan Raden Mas Said, para pejuang yang lain dan pemimpin maka Wonogiri yang dahulu gersang, tandus sekarang menjadi lebih makmur, sandang pangan lebih baik dan menjadi salah satu daerah wisata…..

10 comments:

Ties. Setyaningsih said...

wah penulise mesti jaman SMP bijine sejarah 9 kepleng.
Trus jaman SMA nilai gepgrafine ya 9
Jadi huafal betul.
Oke Selamat Hari jadi Kota Wonogiri .
Hayo siapa mau Mudik Nih?

A N T O said...

Ha....3 mugo2 wae sing nulis ora plagiator.. Tengkiyu Jeng...

Nasih said...

penulise bupati wonogiren ..

SUNAR PRIYONO said...

Luar biasa,,pengetahuan sejarah dan budayanya.kalau isih single,,,bisa ikut kontes putri-putrian.Kalau pemilihan putri budaya,,aku kirim SMS palingdulu yo mbak mincuk.Hayo,,mana tulisan lainnya,,sebagai hiburan dan obat rindu.

Beno said...

Mas ''Sonar'' kleru, sing nulis Mas Antok, putrane guru sejarah SMA 1 Bu Harni (yo mesthi apal !).

A N T O said...

Mas Beno yo kleru, ibuku ngga mulang sejarah. Dasare wae aku sing memang pinter hua ha...3

Maryanto_DS82 said...

wah njenjengan ilmu sejarahnya apik tenan.....matur nuwun mas Anto....saya simpen tulisan njenengan buat kalau anak saya bikin tugas sekolah, pernah di suruh cari terjadinya kota semarang...mumet...mudah-mudahan bermanfaat......
ini jelas buanget samapi tahu weton ne barang....buka konsultasi weton mas...KETIK REG apa kan guayeng...

mujtahid said...

Kethoprak jaman biyen sering yo mentaske judul "latar belakang sebuah nama daerah". Saiki jarang banget.
"Yen wis tibaning jaman ... tak jenengke desa iki WONOGIRIIII ...." thong thong thong thong ... layar nutup.

Beno said...

Jane, Wonogiri ki jeneng sing kalebu elek banget. Opo maning ditambahi dadi Wonogiri Sukses. Luwih apik yen diganti wae nganggo jeneng ONOIYI wuahahahahahahahahahaha ..... (koyok Jepang) !

Ties. Setyaningsih said...

miturut caritane simbahku lho
Wonogiri soko tembung asal:
WONO: tegese Alas
Giri:tegese Gunung
Dadi wonogiri kuwi alase gunung. mongko gunung kuwi atos.
Mulo piyayi wonogiri atos-atos...Maksude kenceng tanan yen duwe kekarepan alias cita-cita
heeee...heee kiro-kiro lho
Mbuh manowo miturut Bu Maryani guru bahasa Jowo jaman SMPN1 Wng mbiyen?