Saturday, 24 October 2009

PRIBADI YANG MANTAP DAN SUKSES

Selama dikurung di asrama (sampai 20 Nov nanti) ada pembelajaran tentang "Menggali Potensi Diri" yang agak nyanthol di kepala :

"JADILAH PRIBADI YANG MANTAP DAN SUKSES"

Pribadi yang mantap artinya pribadi yang dewasa secara mental, diantaranya ditunjukkan dengan perilaku :
- dapat menerima dirinya sendiri apa adanya
- dapat menerima orang lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya
- memiliki rasa humor yang tinggi
- dapat menerima umpan balik (feedback) alias kritik dengan lapang dada
- tidak mudah menyerah
- tidak mudah merasa bersalah
- mampu menerima dan menempatkan diri dalam segala situasi

Sedangkan pribadi yang sukses adalah pribadi yang mampu tampil sebagai pemenang dengan mengalahkan semua unsur negatif yang ada dalam dirinya

Jadi kepribadian yang mantap dan sukses tidak ada hubungannya sama sekali dengan segala predikat dan embel-embel yang menempel pada diri seseorang.
Siapkah kita semua menjadi seseorang yang memiliki kepribadian yang mantap dan sukses? ... SEMOGA!

8 comments:

kisut65 said...

Sukses tidak diukur dari materi/kepandaian/ ketampanan, tetapi menurut saya suskses berarti kita mampu membawakan diri dan menerima diri apa adanya.
Orang yang demikian itulah yang sukses dan tidak mudah ditempa anghin, badai, banjir dll.
Sukses untuk mas Tahij dalam mengolah diri. doa kami

salam

mujtahid said...

Setuju mas ...
Matur nuwun atas doa-nya.
Saya lagi ter-kagum2 dengan fasilitatorku yang mengajar tentang kepribadian ... 3 orang ibu2 berumur 60-an, tapi masih sangat energik ... mereka bukan hanya bisa ngomong tapi benar2 sudah paripurna dalam memadukan IQ EQ dan SQ ... kapan yo kita bisa seperti itu?

kisut65 said...

Kalau saya amati teman-temin waktu temu kangen, tampaknya sudah ke arah sana sukses dalam arti yang benar. Saya merasa waktu temu kangen tidak ada kepalsuan, semua apa adanya dan sungguh mampu berbaur dengan tidak ada perayaan lebih atau kurang. Proficiat teman-temin mari kita teruskan untuk sungguh SUKSES sebagai pribadi yang dewasa.

salam

Beno said...

Terima kasih Mas Tahid, telah mau menularkan pengetahuan di tengah jadwal yang ketat.

Bambang Supriyadi said...

Saya tambahin dikit mas Tahid. Untuk menuju ke pribadi yang mantap prosesnya dimulai dari PENGENALAN DIRI (knowing yourself). Kita bisa tahu kelemahan dan kekurangn kita. dari situ kita tahu potensi yang ada dalam diri kita. Dari potensi diri kita bisa tentukan KONSEP DIRI kita, kita nih mau menjadi seperti apa, apakah kita mau menjadi orang yang positif thinking, senang belajar, menghargai diri sendiri atau sebaliknya.

Perlu kreatifitas untuk menentukan konsep diri. Ada beberapa perubahan yang perlu dilakukan dan semuanya perlu kesadaran diri. Dalam proses ini ada faktor lingkungan yang sangat besar pengaruhnya.

Jika kita bisa mempertahankan knsep tersebut dan teraktualisasi ke permukaan artinya orang lain sudah bisa menilai siapa diri kita maka itu lah pribadi yang mantap. Pribadi yang mantap terjadi apabila ada keselarasan dalam berhubungan dengan Tuhan, dengan sesama manusia dan dengan Alam.

Djoni nur ashari said...

dedalane
guno lawan yekti
kudu andhap asor
wani ngalah dhuwur wekasane
tumungkulo yen dipun dukani
bapang den singkiri
ono catur
mungkur

Beno said...

Jan-jane secara teori, konco-konco wis pantes ......

mujtahid said...

mBang jangan cuma komentar wae ... tulis dong di blog mengenai bagaimana cara mengenali dan menggali potensi diri ... kamu kan pakarnya, mesti bermanfaat bagi kita semua .. apa itu mengenali potensi diri dan bagaimana instrumen untuk mengukurnya .. aku mau upload di blog malu .. wedi kualat sama kamu .. he he
Termasuk type apakah dirimu? diriku? dirinya? .. he he