Monday, 18 January 2010

Mas Kisut = Jurnalis Warga

DALAM setiap aktivitasnya yang berhubungan dengan Kasturi 81, Mas Kisut selalu menuliskan kisah dan melengkapi dengan foto-foto. Dari karya kreatif Romo satu ini kita yang rajin membuka blog 81 jadi tahu: apa yang dilakukan teman-temin.
Tanpa sadar, Mas Kisut sebenarnya telah menjalankan peran sebagai jurnalis warga, terjemahan dari bahasa Jawa citizen journalist. Sekarang, aktivitas jurnalistik tak hanya monopoli ''jurnalis beneran'', maksudnya mereka yang berprofesi sebagai jurnalis, reporter, atau wartawan.
Teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan jurnalisme warga berkembang pesat. Ada ponsel berkamera plus internet, ada laptop, ada kamera digital, ada fasilitas video stream, ada warnet yang kini bertebaran hingga pojok-pojok kota.
Jadi, kerja jurnalistik pada saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dari anak sekolah sampai pegawai kantoran. Mereka bisa melaporkan apa yang mereka temui di jalan. Merekam dengan kamera video, memotret, kemudian ditambahi laporan dalam bentuk tertulis.
Kecelakaan, demonstrasi, kejadian-kejadian unik, dan sebagainya bisa dikirim ke stasiun televisi, atau dilaporkan kepada khalayak melalui situs berita dan bisa pula memanfaatkan blog komunitas dan blog pribadi.
Hasil karya jurnalis warga seringkali mengejutkan, dalam arti dari segi kualitas tak kalah dibandingkan dengan jurnalis profesional. Padahal mereka mungkin tidak atau belum mengenal teori dasar jurnalistik.


18 comments:

kisut65 said...

Mas Beno terlalu berlebihan, saya cuma melaksankan dawuh dari sang ketua KASTURI 81 (mas Anto ). bagi saya yang penting agar peristiwa kasturi '81 bisa diakses dan diikuti oleh sebanyak mungkin kasturi 81 di manapun berada. Kalau hasilnya pasti jauh dari sempurna seperti ulasan Mas Beno. Semoga apa yang saya buat bisa berkenan dan menambah wawasan bagi kasturi 81 yg tidak bisa kumpul karena tugas dan kesibukan.
Salam

Beno said...

Saya tak berlebihan, Mas Kisut. Ayo, lanjutken ''tugas'' sebagai jurnalis warga. Sekaligus menarik minat yang lain untuk mengikuti jejak panjenengan. Sayang kan ada kamera, ponsel, laptop, warnet, dan sebagainya kalau tak dioptimalkan fungsi dan manfaatnya.

kisut65 said...

Terima kasih untuk dukungannya; semoga saya mempunyai banyak kesempatan membagikan pengalaman atau situasi teman-teman KASTURI 81 yang sempat saya temui, sehingga kita tidak kehilangan kontak.
salam

kisut65 said...
This comment has been removed by the author.
kisut65 said...
This comment has been removed by the author.
kisut65 said...
This comment has been removed by the author.
kisut65 said...
This comment has been removed by the author.
A N T O said...

Mas Beno tinggal terbitkan SK untuk mas Kisut...

kisut65 said...

Kalau saya diberi SK maka ada konsekuensi yaitu Honor he..he..he... dan itu akan digunakan untuk nraktir, atau untuk kas KASTURI 81 he..he..he...

salam

A N T O said...

Biasanya yang terjadi, ben SKnya lancar cepet keluar mesti ada upeti he...3

kisut65 said...

wah kalau diminta untuk memberi upeti saya mending tidak usah di SK saja he..he..he....
salam

siswadi kasep said...

bicara masalah upeti harus hati hati lho,,,,, jaman sekarang bnyk spionase KPK, nanti nek digolongken ke gratifikasi bisa bermasalah.
kita harus tetap menjaga citra kemurnian dan nama baik KASTURI 81 kan!!!
OK. Sukses tuk kalian semua....

kisut65 said...

he..he..he.. jangan takut, KASTURI 81 harus bebas bebas upeti. kita saling menolong dan membantu teman-temin kita termasuk keluarganya.
salam

kisut65 said...
This comment has been removed by the author.
A N T O said...

Iya bener mas, Kasturi bebas dari upeti. Lha sopo sing arep diwenehi upeti terus kepentingane opo aya2 wae...

Ning nek nraktir kui kekancan, dudu upeti lho mas Sis....

siswadi kasep said...

Yupz....... tak tunggu berita berita uptudate soko penjenengan mas.
aku tansah nunggoni tulisane penjenengan terutama mengenai kondisi terkini Keluarga Alumni SMP 1 Wonogiri '81

salam untuk semua tanpa kecuali.
I... MISS ... UUUUUUUUU ALL......

Beno said...

Betul, tidak ada istilah upeti, honor, apalagi SK. Terpenting, ayo jalan terus, pertemanan tambah oke, yang punya uang nraktor yang lain hahahahahahahahahahahaha .............. Pokoke, enak lan enak !!!

kisut65 said...

Kiranya pertemuan yang disebabkan adanya moment-momen tertentu dapat dijadikan ajang untuk berbincang soal KASTURI 81 sehingga segera terwujud .
semoga

salam