Wednesday, 3 March 2010

Nasehat buat diriku dalam menjaga pergaulan

1. Celalah dirimu sendiri atas kelalaian yang anda lakukan, tapi jangan sekali-kali mencela orang lain. Anda mempunyai banyak cela, yang untuk memperbaiki seluruhnya sudah menghabiskan seluruh waktu yang anda punya. Karena itu jangan anda urus cela, selain celamu sendiri.

2. Sahabat yang paling baik adalah orang yang anda percaya dan membuat dirimu tenang bersamanya. Dia menjadi tempat berbagi kelelahan dan berbagi kesedihan. Dan ia tidak pernah menjual rahasia dirimu.

3. Menyendiri itu lebih baik daripada berteman dengan orang yang jahat. Teman yang shalih itu lebih baik daripada menyendiri. 'Uzlah adalah ibadah. Tafakur adalah ketaatan.

4. 'Uzlah adalah kerajaan pikiran. Terlalu banyak bergaul adalah kebodohan. Percaya kepada siapa saja adalah ketololan. Sedangkan meminta tolong kepada mereka adalah kesialan.

5. Akhlak buruk adalah adzab. Kedengkian adalah racun. Menggunjing adalah kerendahan. Mematai-matai orang adalah kehinaan.

6. Jangan menunggu ucapan terima kasih dari siapapun. Cukuplah dengan pahala dari Allah yang menjadi tempat bergantung. Jangan pedulikan orang yang tak tahu terima kasih, iri dan dengki.

7. Maafkan orang yang pernah melakukan kezhaliman terhadapmu. Sambunglah hubungan dengan orang yang memutus hubungan denganmu. Berilah orang yang tidak memberikan sesuatu kepadamu. Dan bersabarlah terhadap orang yang berbuat jahat terhadapmu. Dengan begitu, engkau akan merasakan kebahagiaan dan rasa aman.

8. Tidak ada kehidupan bagi pemarah, tidak ada ketenangan bagi pencari musuh, tidak ada rasa aman bagi pendosa, tidak ada yang mencintai bagi pelaku kemaksiatan, tidak ada pujian atas pembohong, dan tidak ada kepercayaan terhadap orang yang mengingkari janji.

Salam kompak selalu.

3 comments:

A N T O said...

Seringkali kita hanya dekat dengan mereka yang kita sukai. Dan seringkali pula kita menghindari orang yang tidak kita sukai, padahal dari dialah kita akan mengenal sudut pandang yang lain.
By. Mario Teguh

SUNAR PRIYONO said...

Wah thanks petitah dan petitihnya mas Setyo,,,,,Setuju buat Mas Anto Mario Teguh!!!Pelangi itu akan indah kalau beraneka warna.apa kata dunia kalau pelangi di langit biru hanya satu warna Merah???? wah...dikira tuhan berpihak hanya pada satu partai politik di Indonesia.

A N T O said...

Ha...3 mas Sunar Priyono aya2 wae...