Saturday, 5 June 2010

Kesimpulan Sementara .....

DARI diskusi yang lumayan ''panas'' oleh para ''steakholder'' pendidikan di blog ini, saya berani mengambil kesimpulan sementara sebagai berikut:

@ Oke, pembangunan serta perintisan sekolah berstandar tinggi baik nasional maupun internasional silaken dilanjut dengan catatan standar dan goal-nya perlu lebih diperjelas dan dipertegas; acuan dan aturannya juga perlu lebih jelas agar tidak keblasuk-blasuk !

@ Pemerintah baik pusat maupun daerah harus, sekali lagi HARUS dan wajib bertanggung jawab dalam hal pendanaannya; jangan lepas tangan sehingga memberi peluang kepada para ''petualang'' pendidikan untuk bermain-main !

@ Kalau pemerintah masih lepas tangan dan membiarkan sekolah negeri yang baru berstatus rintisan atau sudah standar internasional menentukan sendiri soal sumbangan dari orang tua calon murid, sebaiknya sekolah semacam itu di-SWASTA-kan saja !!!!!!!

@ Semua strata masyarakat harus memiliki peluang yang sama menikmati sekolah berstandar sesuai dengan kemampuan akademisnya.

Demikian kesimpulan sementara yang saya ambil, teman-temin bisa menambahkan tetapi jangan mengurangi ya hahahahahahaha .......
Terus terang, saya agak malas membaca peraturannya secara detail sehingga ada kemungkinan terjadi salah tafsir. Maap .... maapken saya yang bukan lulusan sekolah berstandar internasional ini !!!

19 comments:

Nasih said...

Kita tunggu pula, Saran dan Rekomendasi dari Mas Beno ...

Sebenarnyalah saya juga ingin mendengar mengenai hal ini, apa pendapat Mas Surya dkk guru di Wonogiri.

siswadi kasep said...

mungkin mas2 dan mbak2 guru do kesregepen sinau wae mas Nasih ......
dadi ngga' sempet mbukak Blog, paling banter seringe mbuka sarunge bojone dewe .....
coba takonono mbak Mincuk, mbak Evie lan mbak Poppy yen ora percoyo ....

siswadi kasep said...

tak perhatikan klo artikel semacam ini yang di unggah temen temen
(mas Susilo, mas Beno, mas Kenang, ataupun mas Tahid, termasuk aku dewe) yang bernuansa edukatif (mbuh bener opo salah istilah yang aku ucapkan, pokok'e maksudku yang berkaitan dengan dunia pendidikan opo yang perlu kita diskusikan bersama)
mesti dulurku lanang wonogiri sing nggatheng kae (Mas ANTO) ora taw melu comment .........
Wow ...... tapi nek ono artikel sing bangsane Peuyeum lan sing kempling kempling ngono kuwi, deknene komentare nomor urut 1 (siji).
Yen suwe ora ono artikel kinclong kinclong sing diunggah, mesti dewek'e langsung ngunggah dewe nek ora yo mesti ngunggahi bojone dewe ...... hahahaha
(just kidding mas .....)

mujtahid said...

Uwong ki hoby dan minatnya pancen beda2 Sis .. dadi yo maklum-a wae

Nasih said...

eloknya pelangi karena berwarna-warni, demikian pula lukisan, musik, makanan, minuman, ....

siswadi kasep said...

@Tahid dan Nasih:
hahahahaha .......... iyo pancen bener,,,,
tapi pelangi warnane ono sing ireng ora mas Nasih???
kenapa hanya merah, kuning, hijau
koyo lagune anak anak jaman cilik'anku

Nasih said...

memang langit tak selamanya cerah, adakalanya gelap gulita dan hitam pekat, tanpa rembulan atau bintang samasekali ...

siswadi kasep said...

demikian juga dengan dompet saya mas Nasih .....
kadang sok ga ada isinya, kadang sok ra duwe duwit, kadang sok babar blas ra duwe duwit .....
hahahaha

Kenang said...

Ra sah bingung karo werno Sis. Anggepen wae sing ireng ki putih, sing putih ireng. Sing kuning ki Abangn, sing Abang ki Kuning. Yo oleh kok....

Setyo said...

Aku ora arep Comment.....,
arep meneng wae....

Djoni nur ashari said...

kalau resi malang yang jarang muncul tiba2 turun gunung, resi jogya, suhu semarang, suhu wonogiri (mas Sus), suhu depok kabeh wis ngomong, kita yang kawulo ini tinggal "kami dengar dan kami ikuti". Awas klu jalak uren bandung gak meneng-meneng, he..he.

Sis duwe no telepone maman gak? tulung yo.

mujtahid said...

Aku duwe no telpone Maman mengko tak sms ke sampean yo.
Ngilang suwe kemana pakdhe?
@All : aku kok lali babar blas karo Joko Susanto ki dek jaman SMP sapa yo sing tau sak kelas

Beno said...

Mas Tahid, Mas Joko Susanto dhek emben kelas 1 A, areke cilik, senenge nitih pit unto bareng mbakyune sing sakiki dadi kepala puskesmas di Pracimantoro, kalau tidak salah !

kisut65 said...

Sebenarnya saya agak kurang enak untuk ikut nimbrung dalam dunai pendidikan, tapi beberapa kali saya mendapat keluhan dari orang tua. Pertanyaan yang muncul dalam diri saya adalah : Yang standar Internasional itu MUTU nya atau UANGnya ?
semoga menjadi pemikirn kita bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan setara dengan sekolah di luar negeri.
salam

mujtahid said...

Iyo mas Ben .. aku ya rada eling2 sithik .. nyuwun sewu "bentuk mulut"nya yg masih kuingat .. tapi biyen kan cilik gering to (saiki dadi gedhem) ngono

Bambang Supriyadi said...

dari awal saya mengikuti diskusi RSBI ada juga SBI yang semula saya gak ngerti akhirnya jadi ngerti. Saya mau ikut komentar wong gak ngerti tapi seneng akhirnya ngerti meski tetep bingung.

Kalau saya hanya melihat hasil akhir dari kualitas pendidikan itu dari sekian banyak karyawan yang pernah saya tangani. Kalau melihat kualitas SDM yang ada sekarang jauh banget dari yang kita harapkan.
1. Inisiatif dan kreatifitas rendah
2. Manja
3. banyak menuntut
4. Tidak loyal
5. Kualitas kerja rendah
dll

Hal ini hampir dialami oleh semua temen2 HRD. Peluang kerja banyak tapi cari orang yang tepat yang susah. Dan problem HRD yang paling banyak adalah attitude problem. Jadi ya gak heran deh kalau negara ini jadi negara yg korup. Benteng mental yg disiapkan adalah benteng yang rapuh.

Dulu ada pelajaran human skill, PKK, Tata krama, unggah ungguh, budi pekerti tapi sekarang gak sempat lagi. padahal justru itu yang penting buat bekal mereka. Ya kalau orang tua sempat ngajari?

Salam

Setyo said...

Bener iki ngendikane dulurku lanang Mas Bambang Supriyadi iki. Pancen skrg pelajarn budi pekerti, unggah ungguh gak enek. Mangkane cah sekolah saiki, urakan, etikane kurang, satu contoh ngelungke barang neng wong sing luwih tuwa nganggo tangan kiwa. Ngliwati wong tuwa sing lagi lenggahan, nyrak-nyrak tanpa ana tembunge "nuwun sewu nderek langkung" utawa awak didungkrukne

siswadi kasep said...

hahahahaha ........
pelajaran budi pekerti aku ijik kelingan
budi kelly aku yo rumongso taw duwe konco kuwi.
Lha nek Budi Setiarti ...... sak umur umur ora arep iso lali lan nglalek'ake .......
hahahahaha
hayho.... mas Beno sampeyan arep ngomong mbak Budi wis lali nyang aku mesti ..... hehehehe

Beno said...

Hehehehe ... Mas Sis ki nekat tenan !