Friday, 3 September 2010

Mari bertafakur ........




Allah Swt, telah memerintahkan tafakur dan tadabur dalam beberapa ayat dalam Kitab Nya.
Sebagaimana dapat kita ketahui dari Surat Al - Baqoroh ayat 164 yang artinya:

sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya, dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis binatang dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi sungguh (terdapat) tanda tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir

Allah juga memuji orang orang yang senantiasa bertafakur sebagaimana yang terdapat dalam surat Ali Imran ayat 191 :

(Yaitu) orang orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring. dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : " Ya Tuhanku, tidaklah Engkau menciptakan ini dengan sia sia "

Bertafakur disini bukanlah berarti memikirkan wujud Allah, sebagaimana dapat kita ketahui dalam beberapa keterangan berikut ini :
Suatu hari Rasululloh Saw menemui suatu kaum yang sedang bertafakur. Beliau bertanya, " Mengapa kalian tidak berkata kata? "
mereka menjawab. " Kami sedang memikirkan tentang ciptaan Allah Swt. "
dan Beliaupun bersabda : " Kalau begitu lakukanlah, pikirkan tentang ciptaan Allah tetapi jangan memikirkan Dzat-Nya karena kamu tidak akan sanggup memikirkannya. "

Mari bertafakur untuk meningkatkan keimanan kita, melalui malam malam I'tikaf dengan tilawah, sholad, dan yang lainnya, bertafakur tentang penciptaan Allah, Insya Allah semoga menjadi energi untuk senantiasa dekat dengan Allah Swt.

Selamat menyambut datangnya hari Raya Iedul Fitri 1 Syawal 1431 H

2 comments:

siswadi kasep said...

coba perhatikan di angkasa biru, yang merupakan ciptaan Allah......
kalian akan bisa melihat lafald "ALLAH" yang mungkin secara ratio kita akan mustahil, tapi tidak akan pernah ada istilah mustahil untuk Allah.

siswadi kasep said...

Ya Allah, kuatkan imanku agar mengetahui saatnya percaya tentang hidup, membiarkan pikiranku yang lelah agar beristirahat. Bukalah hatiku untuk iman yang lebih besar, harapan yang lebih cerah, cinta yang lebih hangat dengan mensyukuri atas semua karuniaMu Ya Allah.